Silakan Cek 5 Macam Cara Ini, Untuk Hindari Penipuan Toko Daring atau Online

- 16 Januari 2022, 16:32 WIB
Simak perbedaan antara produk original, OEM, dan KW berikut ini supaya kamu tidak salah beli saat sedang belanja online
Simak perbedaan antara produk original, OEM, dan KW berikut ini supaya kamu tidak salah beli saat sedang belanja online /pixabay

VOX TIMOR - Instagram memang tempat menarik bagi kita untuk cuci mata. Selain sebagai tempat untuk melihat foto maupun story teman, kita juga bisa berbelanja di online shop Instagram.

Akun online shop di Instagram semakin memberikan banyak pilihan dalam berbelanja secara daring, terlebih di masa pandemi sekarang ini.

Salah satu daya tarik dari suatu online shop di Instagram adalah foto pada feed-nya yang bagus sehingga menarik pembeli untuk melakukan transaksi. Beberapa pengguna instagram cukup bijak sebelum melakukan transaksi dengan mengecek apakah akun online shop tersebut terpercaya atau tidak.

Baca Juga: Plt Kepala BKPSDM Malaka Menyebut ASN di Malaka Harus Bersyukur Karena Tidak di Nonjob

Namun, tidak sedikit juga yang akhirnya menjadi korban penipuan online shop di Instagram. Penipuan kerap terjadi karena pembeli terburu-buru membeli. Foto-foto produk yang sangat menarik membuat pembeli tergiur sehingga dengan cepat melakukan pembelian.

Baru-baru ini ketika saya scrolling instastory teman instagram saya, dia mengunggah tentang penipuan yang baru saja dialaminya. Dia menceritakan bagaimana proses hingga akhirnya kena tipu toko sepatu, dan sekarang akun teman saya di blokir oleh si penjual sehingga ia tidak bisa lagi mengakses akun tersebut untuk meminta ganti rugi.

Baca Juga: Soal Mutasi Sekwan Malaka, Yanuarius Boko; Jangan Melihat Mutasi ASN Dengan Kacamata Kuda

Karena penasaran, saya pun akhirnya membuka akun penjual yang disebutkan pada story teman saya. Terheran saya melihatnya, dalam hati saya bergumam pantas saja teman saya kena tipu, akun ini fotonya meyakinkan sekali!

Tapi beberapa cara di bawah bisa digunakan untuk menjadi langkah preventif agar kita tidak menjadi korban penipuan online shop di Instagram.

Halaman:

Editor: Oktavianus Seldy Berek


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah