Dialah Pater Amans Laka, Misionaris Asal NTT, Namanya Dijadikan Nama Jalan di Argentina 

- 9 Mei 2022, 09:49 WIB
Penamaan Jalan Amans Laka di kota itu sebagai bentuk penghormatan pemerintah Puerto Esperanza kepada Pastor Amans Laka atas dedikasinya dalam membangun beberapa gedung sekolah
Penamaan Jalan Amans Laka di kota itu sebagai bentuk penghormatan pemerintah Puerto Esperanza kepada Pastor Amans Laka atas dedikasinya dalam membangun beberapa gedung sekolah /katolikku.com/

VOX TIMOR - Pater Amans Laka, SVD misionaris asal Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) namanya diabadikan sebagai nama jalan di Argentina dan menyebut pastor itu sebagai mutiara dari Timur.

Penamaan Jalan Amans Laka di kota itu sebagai bentuk penghormatan pemerintah Puerto Esperanza kepada Pastor Amans Laka atas dedikasinya dalam membangun beberapa gedung sekolah, membuka lahan perkebunan dan peternakan selama bertugas di Argentina.

Pastor murah senyum yang sejak akhir 2019 lalu menjadi misionaris di Kuba itu dalam setahun terakhir ini begitu ramai diperbincangakan oleh warganet baik di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga: Seorang Pemotor Wanita Tewas Tertabrak Mobil, Akibat Lawan Arah

Diketahui dalam sebuah video buatan rumah produksi TABENET terlihat menggambarkan riwayat dan misi Pastor Amans Laka SVD di Argentia antara tahun 1996 dan 2016 lalu.

“Atas nama pemerintah dan pribadi, saya sangat mengapresiasi dan profisiat kepada Pater Amans, seorang warga Kefamenanu yang mungkin dulu tidak pernah membayangkan namanya menjadi nama jalan di Argentina,” kata Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi di Kupang, Sabtu 7 Mei 2022.

Baca Juga: Meski Jadi Tersangka Kasus Pembunuhan, Ira Ua alias IU istri dari Randi Badjide Masih Berstatus ASN

Hal ini disampaikannya saat membuka acara Bedah Buku "Jalan Sambil Berjalan" Narasi Hidup dan Karya Pater Amans Laka, SVD.

Orang nomor dua di NTT itu menyatakan kekagumannya dan apresiasinya atas kiprah dan karya Pater Amans Laka di tanah misi.

Baca Juga: Wah PNS Dapat Izin Boleh WFH Usai Libur Lebaran, Berapa Lama?

Pater Amans sendiri diketahui sudah belasan tahun berkarya di Argentina. Dan sejak dua tahun terakhir Pater Amans bekerja di Kuba, di negara dimana umat beragama, terutama Katolik, sangat dikekang aktivitasnya.

Kota di Argentina yang nama jalan menggunakan nama misionaris itu terletak di Kota Puerto Esperanza.

Baca Juga: Silaturahmi Hari Raya Idul Fitri 2022, Pengamat Politik Bilang Prabowo Kian Lengket Dengan Megawati

"Saya tadi sudah sedikit baca bukunya dan tulisannya sangat sederhana dan bisa dipahami. Karena itu saya imbau generasi muda di NTT untuk menarasikan semua kejadian yang ada di NTT supaya generasi penerus bisa berbuat banyak," tambah dia.

Penulis buku Jalan Sambil Berjalan Robert Laka menceritakan bahwa judul buku digunakannya untuk melukiskan kehidupan Pater Amans sebagai seorang misionaris di tanah misi.

Baca Juga: Silaturahmi Hari Raya Idul Fitri 2022, Pengamat Politik Bilang Prabowo Kian Lengket Dengan Megawati

Buku itu mengisahkan tentang perjuangan Pater Aman di tanah misi. Dimana dengan perjuangannya ia mampu mendirikan sekolah hanya dalam waktu lima bulan.

Menurut Robert, Pater Amans Laka tidak pernah bermimpi jika diberikan hadiah atau penghargaan namanya menjadi nama jalan oleh pemerintah dan masyarakat Argentina.

Baca Juga: Mulai 9 Mei 2022 ASN WFH, Menpan RB Tjahjo Kumolo Setujui Usulan

Robert menceritakan, tempat di mana Pater Amans mendirikan sekolah merupakan tempat yang tidak ada misionaris mau kerja.

Tempat itu hanya diambil kekayaannya oleh orang dari luar daerah, perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang penggergajian kayu.

Halaman:

Editor: Oktavianus Seldy Berek


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah