Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional BPOM Reri Indriani berharap obat berbahan alam kian berkembang

- 16 Desember 2022, 06:41 WIB
Ilustrasi Obat Herbal
Ilustrasi Obat Herbal /bojes seran/

VOX TIMOR - Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Reri Indriani berharap obat berbahan alam kian berkembang di Indonesia mengingat sumber daya alam yang melimpah.

"Potensi ini perlu terus dimanfaatkan untuk dikembangkan, diproduksi menjadi obat berbahan alam," kata Reri di Jakarta, Kamis 15 Desember 2022,

Obat berbahan alam berpotensi berkembang di tengah pergeseran gaya hidup masyarakat yang selama pandemi mulai condong mencari produk dengan bahan-bahan alami.

Baca Juga: Demi pariwisata Labuan Bajo, BPOLBF siap kolaborasi

Ia mengatakan pelaku usaha seharusnya bisa melihat peluang dan bisa konsisten menciptakan produk-produk berkualitas agar masyarakat semakin percaya terhadap obat dari bahan alam.

Indonesia adalah salah satu negara yang disebut megabiodiversitas yang punya keanekaragaman hayati besar di dunia. Namun, dia menyayangkan seperempat bahan baku alam masih diimpor sebagian meski sumber dayanya mencukupi.

"75 persen yang dari pasokan lokal masih ada keterbatasan, baik dari jumlah kuantitas, kualitas, dan keberlanjutan," ujar dia.

Baca Juga: Polri Gelar Rakor Lintas Sektor Amankan Natal dan Tahun baru

Mutu panen bahan alam dari petani lokal, kata dia, kerap masih dipengaruhi berbagai hal seperti musim, cara memanen, usia panen hingga tempat menanam.

Halaman:

Editor: Bojes Seran

Sumber: ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah