Momentum Hari Ibu : Perjuangan Maria Ulfah Soebadio untuk Wanita Indonesia

- 20 Desember 2022, 14:59 WIB
Maria Ulfah Soebadio
Maria Ulfah Soebadio /Bojes seran/Istimewa

OKENarasi.com - Untuk menghormati jasa para ibu diperingati Hari Ibu setiap tahunnya. Tak terkecuali pula di Indonesia yang diperingati saban tanggal 22 Desember.

Peringatan Hari Ibu ini tidak lahir dengan serta merta. Terdapat sejarah panjang dibalik itu semua, terutama tonggak gerakan para wanita Indonesia memperjuangkan kepentingan kaumnya.

Tentang kesetaraan di masyarakat dan terwujudnya suatu keadilan tanpa pandang bulu.

Baca Juga: Simak Syarat Penerima untuk Mencairkan bansos KLJ Rp600.000 yang Kini Sedang Cair

Hari Ibu didekalarasikan pertama kali dalam Kongres Perempuan Indonesia tanggal 22 Desember 1928 di Jogjakarta.

Kongres yang diselenggarakan di pendopo Dalem Jayadipuran milik Raden Tunmenggung Joyodipoero tersebut dihadiri oleh berbagai lapisan organisasi.

Boedi Outomo, PNI, Pemuda Indonesia, PSI, Walfadjri, Jong Java, Jong Madoera, Muhammadiyah dan Jong Islamiten Bond mengirimkan wakil mereka.

Selain itu, ada pula sekitar 600 wanita dari beragam latar pendidikan dan usia turut serta dalam kongres ini. Tak ketinggalan pula organisasi wanita yang terlibat diantaranya Wanita Utomo, Putri Indonesia, Wanita Katolik, Aisyah, Wanita Mulyo dan Perempuan-Perempuan Sarekat Islam. Kemudian ada Darmo Laksmi, Perempuan Jong Java, Jong Islamten Bond dan Wanita Taman Siswa. Tulis Susan Blackburn dalam buku Kongres Perempuan Pertama: Tinjauan Ulang.

Baca Juga: Pengguna WhatsApp Wajib Kamu Tahu

Halaman:

Editor: Bojes Seran

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah