Presiden Jokowi Minta Jajarannya Persiapkan Hadapi Ketidakpastian Global

- 14 Juni 2022, 13:37 WIB
Presiden Jokowi ungkap bahwa Indonesia masih aman dan terkendali dari Covid+19
Presiden Jokowi ungkap bahwa Indonesia masih aman dan terkendali dari Covid+19 /Presiden.go.id/

VOX TIMOR - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta untuk menyiapkan diri hadapi ketidakpastian global yang dipenuhi ancaman krisis pangan dan energi serta inflasi.

Hal tersebut ditegaskan Presiden saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah (Rakornas PIP) Tahun 2022, di Istana Negara, Jakarta, Selasa 14 Juni 2022.

“Kita semuanya betul-betul harus menyiapkan diri mengenai ini. Pangan harus betul-betul disiapkan betul, energi betul-betul harus dikalkulasi betul karena separuh dari energi kita itu impor. Kita ini negara besar, pangannya juga butuh pangan yang besar, energinya juga butuh energi yang besar, baik untuk kendaraan, maupun untuk industri, untuk rumah tangga dan lain-lainnya,” ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: BMKG: Cuaca Buruk Berpotensi Melanda NTT, Perlu Diwaspadai Operator Kapal Maupun Nelayan

Presiden Jokowi meyakini di tengah tantangan dalam menghadapi ketidakpastian tersebut juga terdapat peluang yang dapat dimanfaatkan oleh Indonesia.

“Ancaman krisis pangan ini juga bisa kita jadikan peluang karena lahan kita yang besar banyak yang belum dimanfaatkan, banyak yang belum produktif," kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Jelang Pilkades Serentak 2022, Inspektorat Malaka Genjot Audit Para Kades

Presiden pun kembali menekankan pentingnya kepekaan dalam menghadapi situasi ketidakpastian saat ini.

“Bank Dunia, IMF menyampaikan bahwa akan ada kurang lebih 60 negara yang akan ambruk ekonominya, yang 40 diperkirakan pasti. Inilah ketidakpastian yang tadi saya sampaikan, kita semuanya harus tahu, harus mempunyai kepekaan, harus mempunyai sense of crisis,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Anang Fauzi

Sumber: setkab.go.id


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x