Peduli Lingkungan, Wabup Agus Boli sebut Direktur YTIB, Vero Lamahoda Pahlawan Ekologi Laut

- 6 April 2022, 01:50 WIB
Wakil bupati flotim Agustinus Payong Boli bersama Beri Lamahoda
Wakil bupati flotim Agustinus Payong Boli bersama Beri Lamahoda /Vox Timor/Emanuel Bataona

Vox Timor - Yayasan Tanah Ile Boleng sudah 5 tahun berkarya dalam misi pemberdayaan Masyarakat di Pulau Solor kabupaten Flores Timur khususnya kepada para Tani Nelayan.

Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli terpukau dan memuji Direktur Yayasan Tanah Ile Boleng, Vero Lamahoda serta memberi gelar kepadanya sebagai Perempuan Pahlawan Ekologi Laut Fores Timur.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli saat Direktur YTIB Vero Lamahoda di dampingi Konsultan Ipi Bediona dan Kepala kedua kepala desa mempresentasikan hasil pendampingan pemberdayaan di hadapan Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli, SH, MH, M.IP, Selasa 5 April 2022.

Baca Juga: Terkait SPT 97 Guru, Bupati Malaka: SK Sudah di Cabut dan Ditinjau Kembali, Begini Ungkapan Para Guru

Menurutnya, Yayasan Tanah Ile Boleng dengan visi inovatif luar biasa membangun "Lumbung Laut" dengan menjaga ekosistem bawa laut agar menjadi tempat yang nyaman bagi berkembang biaknya ikan sebagai bahan pangan keluarga juga komoditi ekonomi untuk peningkatan pendapatan perkapita penduduk menuju kesejahteraan.

Baca Juga: Kejari Lembata Tingkatkan Status Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Kapal Pinisi Aku Lembata

Dijelaskan, biasanya lumbung itu hanya di buat di darat untuk tanaman untuk menyimpan hasil pertanian tetapi gagasan Vero Lamahoda melalui YTIB membuat Lumbung Laut yang dalam bahasa Lamaholot "Kebang Lewa Lolon".

Baca Juga: Tiga Delegasi GNEJ Diskusi Soal Perjuangan Kesetaraan Gender Dalam Pemilu di Negaranya

Kebang Lewa Lolon ini adalah Persepakatan para pemangku kepentingan di desa Bubu Atagamu dan Lewograran kecamatan Solor Barat untuk menjaga laut di sepanjang pantai agar tidak di rusak dengan cara di bom.

Halaman:

Editor: Emanuel Dile Bataona


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x