Wacana? Pilkada Serentak 2024 Dimajukan ke Bulan September

- 25 Agustus 2022, 21:31 WIB
laporan harta kekayaan Hasyim Asy’ari ketua KPU RI periode 2022-2027
laporan harta kekayaan Hasyim Asy’ari ketua KPU RI periode 2022-2027 /Instagram/@kpu_ri/

VOX TIMOR - Pilkada Serentak 2024 dimajukan ke September, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengaku telah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Hasyim Asyari dalam diskusi bertajuk 'Menyongsong Pemilu 2024: Kesiapan, Antisipasi dan Proyeksi'.

"Mungkin nanti KPU akan mengajukan usulan itu satu saja, untuk pemungutan suara Pilkada maju jadi September 2024," ujar Hasyim dalam diskusi yang disiarkan melalui kanal YouTube BRIN Indonesia, Kamis 25 Agustus 2022.

Baca Juga: Wow! Kabar Gembira dari Kemendikbud Bagi Guru di Semua Jenjang Pendidikan, Simak Selengkapnya

Disebutnya, pilkada yang digelar pada September 2024 juga dianggap lebih menjamin stabilitas nasional, khususnya dalam hal keamanan, ketimbang pilkada yang digelar November 2024.

Pasalnya, pada Oktober 2024, akan terjadi suksesi kepemimpinan nasional di mana Jokowi akan lengser dari kursi presiden, digantikan dengan presiden baru hasil Pemilu 2024 pada bulan Februari.

“Presiden sekarang ini berakhir jabatannya Oktober 2024. Kalau pencoblosannya November 2024, kira-kira kabinet sudah terbentuk atau belum? Stabilitas nasional kan pasti terpengaruh,” kata Hasyim.

Baca Juga: Kecelakaan Ganda di Jalur Welaus, Tidak Ada Korban Jiwa, Dua Mobil Rusak Berat

“Sebagai desainer kepemiluan, bayangan saya, kalau presiden baru dilantik Oktober, masih tarik-menarik kabinet, mengisi (posisi) Panglima TNI, mengisi Kapolri, menjaga stabilitas keamanan masih menajdi tantangan besar,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Oktavianus Seldy Berek


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah