Hari Ini, Jokowi Resmikan Bendungan Semantok Terpanjang se-Asia Tenggara

- 20 Desember 2022, 15:11 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Semantok
Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Semantok /Youtube Sekretariat Presiden

VOX TIMOR - Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan operasional Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Selasa 20 Desember 2022.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Nganjuk Iptu Supriyanto menjelaskan, untuk pengamanan kedatangan Presiden Jokowi tersebut, Polres Nganjuk akan menurunkan 300 personel. Jumlah itu masih ditambah pengamanan dari jajaran Kodim 0810/Nganjuk.

"Kami di ring tiga, nanti untuk pengamanan juga dari Kodim 0810/Nganjuk. Pengamanan dilakukan di semua rute yang diperkirakan dilalui oleh rombongan Presiden," ucap Supriyanto melansir Antara, 20 Desember 2022.

Baca Juga: Simak Syarat Penerima untuk Mencairkan bansos KLJ Rp600.000 yang Kini Sedang Cair

Adapun Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) adalah salah satu Program Strategis Nasional (PSN). Bendungan dibangun sebagai upaya pemerintah dalam memperkuat ketahanan air dan pangan di Kabupaten Nganjuk.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebutkan pembangunan bendungan akan terus dilanjutkan dengan infrastruktur irigasi dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan.

Untuk pengerjaan pembangunan Bendungan Semantok dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sungai Brantas, Ditjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR lewat dua paket pekerjaan dengan total nilai Rp 1,17 triliun.

Paket pertama dengan kontraktor pelaksana PT. Brantas Abipraya – PT Pelita Nusa Perkasa, KSO. Sedangkan paket kedua menggandeng PT Hutama Karya – PT Bahagia Bangunnusa, KSO.

Baca Juga: Berikut Prediksi Laga Perdana Kamboja vs Filipina Piala AFF 2022

Halaman:

Editor: Bojes Seran


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah