Presiden Jokowi Akan Bermalam di Ende, 650 Personel Gabungan Siap Jaga Keamanan

- 31 Mei 2022, 08:49 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). /BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi). /BPMI Setpres /

VOX TIMOR - Bupati Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Djafar Achmad memastikan Presiden RI Joko Widodo tiba di Ende pada 31 Mei 2022 dan menginap semalam di kota Ende.

"Jadi betul, besok pukul 17.50 Wita menjelang magrib, Bapak Presiden bersama Pesawat Kepresidenan RI 1 mendarat di Bandara Haji Hasan Aroeboesman Ende," kata Bupati Ende Djafar Achmad di Ende, Senin 30 Mei 2022 malam.

Kepastian kedatangan Presiden Joko Widodo dan menginap di Kota Ende itu diperoleh bupati dari rapat terakhir bersama Protokol Istana dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Baca Juga: BLT Belum Disalurkan, Dinas PMD Malaka Layangkan Surat Pemberitahuan Kepada PJ Desa Saenama

"Beliau sudah pasti menginap di kota kecil kami di Ende," kata Bupati Ende.

Nantinya, Presiden RI Joko Widodo akan bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 di Lapangan Pancasila Ende.

Setelah itu Presiden akan mengunjungi Pasar Mbongawani Ende yang telah masuk dalam salah satu titik kunjungan Presiden.

Baca Juga: Tertarik Menjadi Kepala Desa? Berikut Bocoran Syarat-syarat Calon Kepala Desa

Usai upacara dan kunjungan ke Taman Renungan Bung Karno, Presiden RI akan masuk ke Rumah Adat Ende. Di sana, Presiden akan mengikuti prosesi pengukuhan gelar adat Ende yang disebut Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa atau Penguasa Pemerintahan Nasional.

"Beliau ke rumah adat untuk menerima penganugerahan sebagai warga Mosalaki Lio," ucap Bupati Ende.

Sementara, Sebanyak 650 personel gabungan terdiri personel BKO (bawah kendali operasi) polres jajaran terdekat Polda NTT dan Satbrimobda Polda NTT siap mengamankan kunjungan Presiden RI Joko Widodo di Kabupaten Ende dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022.

Baca Juga: Sandiaga S. Uno Menyapa Finalis Putri Otonomi Indonesia 2022

"Saya harap seluruh personel BKO disiplin dalam melakukan tugas pengamanan karena kunjungan Presiden bukan kunjungan kerja biasa tapi (Presiden) bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022," kata Karo Ops Polda Nusa Tenggara Timur Kombes Pol. Ulami Sudjaja dalam keterangan yang diterima di Mbay, Senin 30 Mi 2022.

Hal itu dia sampaikan saat memimpin Apel Kesiapan Personel Gabungan Polda NTT di hadapan seluruh personel BKO di lapangan Mako Polres Ende.

Baca Juga: Sandiaga S. Uno Menyapa Finalis Putri Otonomi Indonesia 2022

Dalam menjalankan peran sebagai unsur pengamanan, Polres Ende dan segenap anggota polres jajaran serta Polda NTT mendapatkan kehormatan untuk melakukan pengamanan kunjungan kerja Presiden tersebut.

Oleh karena itu, dia memerintahkan personel untuk saling mengingatkan satu sama lain dalam menjalani tugas pengamanan untuk kelancaran pelaksanaan kunjungan kerja orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Baca Juga: Sandiaga S. Uno Menyapa Finalis Putri Otonomi Indonesia 2022

Kombes Pol. Ulami juga berharap semua personel berperan aktif menjaga situasi tetap kondusif, termasuk.menjaga tindakan dan sikap selama pengamanan berlangsung.

Usai pengarahan dari Karo Ops Polda NTT Kombes Pol Ulami Sudjaja, Kapolres Ende AKBP Andre Librian memaparkan skema pengamanan dan penempatan (floating) personel yang akan melakukan pengamanan pada titik-titik kunjungan Presiden.***

 

 

Halaman:

Editor: Frederico Da Costa


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah