Dituding Lecehkan Anak Laki-laki, Inilah Sosok Peraih Nobel Perdamaian Uskup Belo di Timor Leste

- 30 September 2022, 08:26 WIB
Uskup Belo dalam sebuah misa di Dili pada 8 Oktober 1999. Ia diduga melakukan pelecehan terhadap sejumlah remaja laki-laki pada tahun 1990-an dalam laporan investigasi media Belanda. Pihak Vatikan pun menanggapi dugaan itu.
Uskup Belo dalam sebuah misa di Dili pada 8 Oktober 1999. Ia diduga melakukan pelecehan terhadap sejumlah remaja laki-laki pada tahun 1990-an dalam laporan investigasi media Belanda. Pihak Vatikan pun menanggapi dugaan itu. /Reuters/Jason Reed.

VOX TIMOR - Carlos Filipe Ximenes Belo atau yang dikenal sebagai Uskup Belo dari Timor Leste tengah menjadi sorotan.

Carlos Filipe Ximenes Belo atau Uskup Belo dari Timor Leste dilaporkan telah melakukan dugaan pelecehan seksual kepada anak laki-laki.

Melansir berbagai sumber, korban berinisial P, yang saat ini berusia 42 tahun menceritakan apa yang dialaminya di sekitar umur 15.

Baca Juga: Vatikan Beri Klarifikasi Soal Dugaan Pelecehan Seksual Uskup Belo

Majalah De Groene Amsterdammer mewartakan, suatu hari Uskup Belo mengundang P ke kediamannya setelah dia menghadiri misa yang dipimpin sang uskup.

P yang tidak menaruh curiga apa-apa mengaku terhormat dengan ajakan Belo itu dan memutuskan datang ke alamat yang ada di jalan pesisir Dili dengan pemandangan laut yang indah itu.

Dua korban membuka pengalaman masa alunya kepada media Belanda De Groene Amsterdammer pekan ini. 

Baca Juga: Ajudan Bupati David Juandi dan Oknum ASN Dilaporkan ke Polisi

Uskup Belo disebut membawa P ke kamarnya di suatu malam dan terjadi dugaan pelecehan seksual tersebut. Setelah mengalami kejadian itu, P mengaku diberi uang.

Halaman:

Editor: Anang Fauzi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x