Komnas HAM Temukan Seluruh Jenis Gas Air Mata Dalam Tragedi Kanjuruhan

- 12 Oktober 2022, 20:29 WIB
Terkuak! Polri Akui Gunakan Gas Air Mata Kadaluwarsa Dalam Tragedi Kanjuruhan
Terkuak! Polri Akui Gunakan Gas Air Mata Kadaluwarsa Dalam Tragedi Kanjuruhan /Instagram Arema FC/

OKENarasi.com - Slongsong peluru gas air mataa yang digunakan kepolisian saat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang ditemukan berbagai jenis dan warna.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) yang melakukan penyelidikan langsung di lokasi pada 2 hingga 10 Oktober silam menemukan berbagai macam slongsong peluru gas air mata tersebut.

"Kalau ada pertanyaan terkait selongsong peluru nanti juga kita sampaikan karena kami melihat memakai dan memegang nya ada yang warna merah kuning biru di situ semuanya kami tahu," kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam saat memberikan penjelasan temuan Komnas HAM di kantornya, Rabu 12 Oktober 2022.

Baca Juga: PSOBK Dampingi Kayofasius Anak Kelainan Jantung ke RSUD Ben Mboi Ruteng untuk Jalani Pemeriksaan

Ketika pihaknya menemukan slongsong peluru tersebut, masih merasakan efeknya meski dari jarak 30 cm.

"Kami juga mendapatkan saat langsung itu juga kami pegang sejauh 30 cm itu masih masih panas dan pedih mata serta beberapa yang kami pegang secara langsung itu masih panas," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Ditemukan botol minuman keras (Miras) saat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang saat laga Arema vs Persebaya pada Sabtu 1 Oktober 2022 lalu.

Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) ternyata adanya miras tersebut merupakan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan bukan diminum suporter.

Baca Juga: Sungai Bagong dan Ngasinan Meluap, Rendam Ribuan Rumah di Tiga Kecamatan

Halaman:

Editor: Oktavianus Seldy Berek


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah