Kornelis Dola: Pemimpin Harus Peka Terhadap Realitas Sosial Masyarakat

- 18 Desember 2022, 21:44 WIB
Kornelis Dola apresiasi masyarakat yang secara swadaya memperbaiki jalan rusak di Manggarai,NTT
Kornelis Dola apresiasi masyarakat yang secara swadaya memperbaiki jalan rusak di Manggarai,NTT /foto Kornelis Dola


VOX TIMOR- Bakal Calon Bupati Manggarai Kornelis Dola memberikan apresiasi kepada masyarakat yang secara swadaya memperbaiki jalan rusak di Kabupaten Manggarai, NTT.

Ia menilai, antusias warga merupakan sinyal bahwa pemerintah tidak peka terhadap kondisi yang ada di masyarakat.

Seperti yang diberitakan dari berbagai media, pada akhir November hingga Desember 2022 muncul aksi-aksi masyarakat Manggarai melakukan perbaikan jalan, drainase, dan lain-lain secara swadaya.

Aksi-aksi yang dilakukan masyarakat Manggarai diantaranya, pengerjaan jalan rusak oleh masyarakat Sambor Desa Nggalak, perbaikan jalan rusak oleh masyarakat di Desa Lenda, Kecamatan Cibal Barat dan desa-desa di Kecamatan lain seperti Kecamatan Satarmese dan Kecamatan Ruteng.

Adapun yang baru-baru ini, yakni perbaikan drainase dan bahu jalan oleh Warga Mbaumuku, Kecamatan Langke Rembong. 

Perbaikan drainase dan bahu jalan yang dilakukan oleh warga Mbaumuku adalah bentuk ekspresi kekecewaan terhadap janji Manis yang telah disampaikan oleh pasangan H2N pada Pilkada 2020 lalu. Warga mengungkap, hingga saat ini janji tersebut belum terealisasi.

“Saya memberikan apresiasi karena masyarakat sudah memiliki kesadaran bahwa mereka bukan lagi menjadi objek pembangunan melainkan menjadi subjek pembangunan,” ungkap Kornelis Dola kepada Wartawan, Kamis 15 Desember 2022 di Ruteng.

Menurut Kornelis, kepedulian warga tentu bermula dengan melihat kondisi infrastruktur yang buruk. Kemudian mereka menunggu pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Sebab pembangunan hakekatnya adalah tanggung jawab pemerintah.

"Yang terjadi menandakan bahwa masyarakat menyadari pembangunan itu merupakan tanggung jawab bersama. Karena itu pemerintah harus memberikan dorongan terhadap masyarakat,” kata Kornelis.

Halaman:

Editor: Alfando Satrio


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah