BMKG: Waspada Siklon Tropis di NTT, Apa Itu Siklon Tropis Menurut BMKG

- 26 Februari 2022, 23:56 WIB
Ilustrasi - Petugas Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) mengamati pergerakan siklon tropis yang menyebabkan gelombang tinggi di perairan
Ilustrasi - Petugas Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) mengamati pergerakan siklon tropis yang menyebabkan gelombang tinggi di perairan /

VOX TIMOR - Ada beberapa istilah yang digunakan dibeberapa daerah, pada intinya, siklon tropis adalah fenomena cuaca.

Pernahkah Anda mendengar istilah siklon tropis? sebenarnya apa itu? Singkatnya, Siklon tropis merupakan badai dengan kekuatan yang besar dengan daya rusak yang sangat tinggi.

Pengertian siklon tropis

Menurut Peraturan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) nomor KEP. 009 Tahun 2010 tentang Prosedur Standar Operasional Pelaksanaan Peringatan Dini, Pelaporan, dan Diseminasi Informasi Cuaca Ekstrim, pengertian siklon tropis adalah sebagai berikut :

Baca Juga: BMKG: Cuaca Ekstrem Minggu 27 Februari 2022 , Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia

 

Dikutip dari laman resmi BMKG, siklon tropis adalah sistem tekanan rendah dengan angin berputar siklonik yang terbentuk di lautan wilayahtropis dengan kecepatan angin minimal 34,8 (tiga puluh empat koma delapan) knots atau 64,4 (enam puluh empat koma empat) kilometer (km)/jam di sekitar pusat pusaran.

Apa perbedaan badai, topan dan siklon tropis

Jika Anda perhatikan ada beberapa istilah yang digunakan dibeberapa daerah :

Di Atlantik Utara bagian barat, Pasifik Utara dan tengah, Laut Karibia, dan Teluk Meksiko, fenomena cuaca seperti itu disebut “badai” atau dalam bahasa Inggris disebut hurricanes.

Halaman:

Editor: Oktavianus Seldy Berek


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah