Berikut ini Obat Herbal untuk Redakan Berbagai Penyakit

- 17 Desember 2022, 16:40 WIB
Ilustrtasi ramuan herbal
Ilustrtasi ramuan herbal /bojes seran/

VOX TIMOR - Batuk, pilek (flu), dan demam sering kali menjadi masalah kesehatan yang datang bersamaan. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak hingga dewasa. Umumnya, batuk, pilek, dan demam muncul ketika terjadi perubahan iklim atau pancaroba dan kenaikan suhu di musim-musim tertentu. Penyakit ini juga bisa dengan mudah ditularkan. Untuk mengobatinya, Anda bisa melakukan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi ramuan tradisional.


Sejumlah tanaman herbal memiliki khasiat untuk menyembuhkan demam hingga batuk pilek. Namun, jika gejala penyakit tersebut tidak kunjung mereda, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter atau pihak medis. Berikut beberapa jenis ramuan herbal yang bisa digunakan untuk pertolongan demam, batuk, dan pilek:

Baca Juga: Mengatasi Demam, Batuk, dan Pilek dengan Ramuan Herbal

1. Ramuan madu jahe

Ramuan madu dan jahe yang ditambhakan dengan bawang dipercaya mampu meredakan demam, natuk, dan pilek. Ramuan herbal ini direkomendasikan oleh Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI_. Berikut cara membuat ramuan herbal tersebut: Masukkan bawang merah dan puthi serta jahe ke dalam botol yang berisi madu Tambhakn air perasan jeruk nipis Tutup botol dan kocok hingga ramuan menyatu Diamkan di suhu ruang selama 8 jam Saring dan tuang ke gelas. Ramuan herbal bisa dikonsumsi dengan dosis 1 sendok teh sekali minum. Anda bisa meminumnya sebanyak 3 kali sehari sebelum atau sesudah makan. Untuk menyimpan sisa ramuan, Anda bisa memasukkannya ke dalam kulkas. Ramuan bisa tahan 2-3 hari. 

Baca Juga: Bahaya Kelistrikan di Musim Penghujan

2. Ramuan susu kunyit

Masih dari sumber yang sama, ramuan herbal yang memadukan susu dan kunyit juga bisa digunakan untuk meredakan demam, batuk, dan pilek. Ramuan ini bisa diberikan kepada bayi yang berusia 6 hingga 1 tahun. Cara membuat ramuan herbal susu kunyit ini adalah sebagai berikut: Siapkan ASI atau susu formula ke dalam gelas Tambahkan kunyit bubuk Lalu, aduk hingga rata. Ramuan herbal ini bisa diminum tiga kali sehari sebelum atau setelah makan. Baca juga: 7 Macam Ramuan Herbal Pelancar Haid Alami, Ada Rempah Kunyit dan Jahe  

3. Ramuan teh jahe

Halaman:

Editor: Bojes Seran

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah