Soal Harga Kedelai, Rizal Ramli Juluki Mendag Lutfi ‘Menteri Asal Njeplak

- 13 Maret 2022, 11:28 WIB
Cuitan Rizal Ramli soal kecurigaan Kemendag bahwa masyarakat menimbun minyak goreng.
Cuitan Rizal Ramli soal kecurigaan Kemendag bahwa masyarakat menimbun minyak goreng. /Tangkap layar Twitter.com/@RamliRizal./

Vox Timor - Mantan Menko Kemaritiman 2015-2016 Rizal Ramli menyebut Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi sebagai pejabat yang asal njeplak.

 Pasalnya kata Rizal, banyak pernyataannya Lutfi yang dia anggap sebagai lelucon tidak lucu.

Pernyataan pertama mengenai mahal dan langkanya kedelai di Indonesia yang terjadi karena ada 5 miliar babi di China mengkonsumsi kedelai.

Baca Juga: Penampilan Berhijab Syahrini Tuai Komentar Umi Pipik, Istri Reino Barack Malah Dapat Pesan Ini

Diketahui, usai meninjau pasokan minyak goreng di Makassar pada Kamis 1 Februari 2022 lalu, Lufi memang pernah menyatakan kenaikan harga kedelai yang terjadi belakangan ini salah satunya memang dipicu restrukturisasi peternakan hewan di China yang mendapatkan 5 miliar ekor babi.

Baca Juga: Mengerikan! Ketahuan Punya Anak Istri, Oknum Polisi Bakar Pacar

Restrukturisasi itu memicu kenaikan permintaan kedelai untuk bahan pangan babi. Akibat kenaikan permintaan itu, harga kedelai ikut naik dan berdampak ke Indonesia, termasuk perajin tahu dan kedelai.

“Memang lelucon yang tidak lucu, menteri perdagangan ini saya pernah sebut sebagai menteri asal njeplak. Misalkan dia katakan kita kesulitan kedelai, karena ada babi 5 miliar di China makan kedelai, padahal babi di China 402 juta. Kedua, babi itu makan ampas kedelai,” kata Rizal Ramli, di Pondok Pesantren (Ponpes) Bani Abdul Hanan, Desa Pejaten, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten, Sabtu 12Maret 2022.

Baca Juga: Perbaikan 5 Ruas Jalan Provinsi di Flotim Hampir Rampung, Camat Adonara: Terima Kasih Gubernur NTT

Halaman:

Editor: Emanuel Dile Bataona

Sumber: Seputar Tangsel


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah