Bupati dan Wakil Bupati Belu Hadiri Prosesi Ritual Adat Atap Rumah Adat

- 19 Oktober 2021, 05:41 WIB
Bupati Belu Bersama Rombongan Diterima Secara Adat Belu.
Bupati Belu Bersama Rombongan Diterima Secara Adat Belu. /Belu/

Vox Timor - Bupati dan Wakil Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM dan Drs. Aloysius Haleserens, MM bersama Dandim 1605/Belu, Letkol Inf. Wiji Untoro, Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K serta Para Pimpinan Perangkat Daerah menghadiri acara prosesi atap rumah adat suku Niha’a, Desa Debululik, Kecamatan Lamaknen Selatan, Senin (18/10/2021).

Bupati Belu dalam kesempatan tersebut menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Suku Niha’a atas undangannya untuk menghadiri prosesi atap rumah adat.

“Ini suatu kehormatan, kebanggaan bagi kami dan kami hadir disini sebagai Pemerintah Daerah Belu yang hadir ditengah masyarakatnya dalam kegiatan ritual budaya dan dalam pemerintahan kami ini, kami tempatkan budaya ini menjadi salah satu bagian penting,” ungkap dr. Agus Taolin.

Lanjut Bupati Belu, visi pemerintah saat ini yaitu mewujudkan masyarakat Belu yang sehat, berkarakter yaitu dengan memiliki adat istiadat yang baik dan saling menghargai, dan masyarakat Belu yang kompetitif.

Bupati Belu dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan agar kedepan kegiatan-kegiatan budaya dapat dijadikan kegiatan yang memberi manfaat bagi rakyat yang dikemas secara menarik dan atraktif dalam sebuah koreografi sehingga jika ada event-event di Belu yang menghadirkan tamu dari luar dapat ditampilkan.

“Jadi memang adat harus terus dilestarikan agar secara budaya terdapat nilai penghargaan kepada leluhur, kepada orang tua, dan memberi pelajaran kepada generasi muda sehingga ada ikatan batin, ikatan dengan leluhur yang baik, kuat bahkan memberikan nilai magis,” jelas Bupati Belu.

Bupati Belu juga menyampaikan bahwa kehadiran Wakil Bupati, Dandim dan Kapolres merupakan satu kesatuan memimpin daerah ini menuju masyarakat yang lebih baik, oleh karena itu ada masalah apa di masyarakat dapat disampaikan.

“Camat adalah seper duabelas dari Bupati di Wilayah ini, jadi kalau ada kesulitan disampaikan kepada Camat, sesudah disampaikan kalau tidak ada respon kasih tahu kesini, terutama untuk hal-hal penting,” tandas Bupati Belu.

dr. Taolin Agustinus juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa saat ini telah berjalan program berobat gratis dengan hanya menunjukan KTP, KK atau surat kenal lahir.

Halaman:

Editor: Oktavianus Seldy Berek


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x