5 Tantangan saat Tinggal Serumah dengan Mertua, Harus Siap Beradaptasi

- 14 Desember 2022, 17:51 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /


VOX TIMOR- Setelah menikah, salah satu tempat tinggal yang paling mungkin ditempati adalah rumah mertua. Entah itu karena alasan finansial yang belum cukup untuk membeli rumah sendiri, atau karena alasan lainnya seperti pasangan kita yang merupakan anak bungsu atau anak tunggal yang harus menjaga orangtuanya.

Apapun itu, tinggal serumah dengan mertua tentu bukan hal yang mudah. Akan tetapi, kita juga gak boleh overthinking duluan dan merasa takut berlebihan. Menjalin hubungan baik dengan mertua saat tinggal serumah juga bukan hal yang mustahil, kok. Hanya saja, memang ada beberapa tantangan tersendiri yang harus bisa kita taklukan. Ini, nih lima di antaranya.

1. Harus mau beradaptasi dengan mertua dan lingkungan sekitar


Pertama, kita harus mau beradaptasi dengan mertua dan lingkungan baru dimana kita tinggal. Tentunya, ini akan berbeda dengan rumah kita sendiri yang mungkin sudah membuat kita nyaman karena telah kita tempati bertahun-tahun lamanya dengan orangtua sendiri. Makanya, penting untuk gak berekspektasi terlalu tinggi agar gak gampang kecewa juga.


Terkadang, kita justru dibuat kecewa oleh harapan kita sendiri. Jadi, yang terpenting saat tinggal dengan mertua adalah kita mau berusaha menyesuaikan diri dan gak langsung berharap semua berjalan dengan lancar seperti rencana kita.

2. Siap menutup telinga dari komentar negatif yang bersifat menjatuhkan


Menyaring komentar yang diterima adalah tantangan lain yang harus bisa kita lewati. Wakar sekali jika beberapa kali kita akan mendapatkan kritik atau komentar dari mertua. Entah itu sifatnya menjatuhkan ataupun membangun. Itulah kenapa kita perlu pandai-pandai menyaringnya.

Jangan sampai itu semua mempengaruhi mental kita dan menjadikan kita ingin menyerah. Biarkan mertua memberi komentar atas diri kita, anggaplah mereka sebagai orangtua sendiri yang juga menginginkan yang terbaik bagi kita.

3. Miliki sifat cuek untuk hal-hal yang gak bisa kamu kendalikan

Halaman:

Editor: Bojes Seran

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah