Pemerintah Daerah Apresiasi Kebijakan Kemensos Percepat Pencairan Bansos

- 9 Maret 2022, 19:22 WIB
Cek bansos PKH 2022 melalui cekbansos.kemensos.go.id, pemilik KTP ini dapat Rp 2,7 juta cair bulan Maret ini
Cek bansos PKH 2022 melalui cekbansos.kemensos.go.id, pemilik KTP ini dapat Rp 2,7 juta cair bulan Maret ini /Instagram.com/@kemensosri

Vox Timor - Pemerintah daerah merasakan adanya dampak positif bantuan sosial (bansos) terhadap perekonomian lokal. Bansos dinilai telah menggerakkan perekonomian daerah terutama terkait kebijakan Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk mempercepat pencairan bansos.

"Bantuan sosial dari Kemensos telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kami. Uang yang mereka terima dibelanjakan di warung-warung setempat. Tentu saja ini menjadi pendorong perputaran ekonomi," kata Bupati Barru Suardi Saleh ditemui di lokasi bencana banjir di Mallusetasi, Barru, Rabu 9 Maret 2022, dikutip Vox Timor dari kemensos.go.id

Pernyataan senada disampaikan anggota Komisi VIII DPR RI Samsu Niang yang hadir dalam kesempatan penyerahan bantuan bencana banjir di Kecamatan Mallusetasi. 

Baca Juga: Anggota DPRD NTT, Yohanes De Rosari Gelar Reses, Masyarakat Wailebe-Flotim Minta Peningkatan JTP

Samsu menyatakan, dalam setiap kunjungan ke daerah memantau penyaluran bansos, ia dapat melihat bagaimana bansos menggerakkan ekonomi kerakyatan.

"Saya belum tahu berapa nilai total bantuan untuk Kabupaten Barru. Kalau di Kabupaten Pangkep kemarin saya kunjungi, itu bantuan Kemensos Rp25 miliar. Nah itu tentu saja jumlah yang cukup besar. Sangat berarti dalam menggerakkan perekonomian rakyat," katanya.

Baca Juga: MGPA Pastikan Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Rampung Pekan Depan

Dengan gambaran tersebut, Samsu menyatakan, bansos berperan penting dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional sejalan dengan kebijakan pemerintah mengatasi krisis sebagai dampak pandemi.

"Dengan nilai puluhan miliar, bila bansos tersebut dibelanjakan di desa-desa, maka ekonomi di tingkat bawah akan berputar. Selanjutnya akan menghidupkan ekonomi nasional karena bansos ini kan nasional cakupannya," kata Samsu.

Halaman:

Editor: Emanuel Dile Bataona

Sumber: kemensos.go.id


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah