Airlangga Hartarto Sebut Reformasi Struktural dan Kebijakan Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi di Tahun 2023

- 18 Februari 2022, 10:24 WIB
Menko Airlangga Hartarto.
Menko Airlangga Hartarto. /Dok. Kemenko Perekonomian/

 

 

VOX TIMOR - Dalam keterangan persnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto menegaskan perekonomian juga menyampaikan bahwa untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi di tahun 2023 diperlukan berbagai reformasi struktural dan kebijakan, terutama untuk mendorong sektor investasi ataupun mesin pertumbuhan di luar APBN.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 16 Februari2022) dikutip Vox Timor dari setkab.go.id

Baca Juga: Menteri Desa Intruksikan Percepat Pencairan BLT Desa Tahun Anggaran 2022

Airlangga memaparkan, terdapat enam agenda reformasi struktural dan kebijakan yang direncanakan. Pertama, peningkatan kredit perbankan.

“Peningkatan kredit perbankan itu penting dan tentu salah satunya adalah dari segi regulasi POJK terkait dengan relaksasi kredit yang diharapkan tidak perlu ada pembatasan waktu. Kemudian juga perlu ada penurunan pencadangan di sisi perbankan, karena kita lihat potensi daripada kredit di sektor perbankan masih tinggi. Realisasi saat ini yang sedikit di atas 5 persen dibandingkan dengan dana pihak ketiga yang 12 persen, ini masih punya ruang yang cukup tinggi,” terangnya.

Kedua, peningkatan investasi, baik penanaman modal asing (PMA) maupun penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Baca Juga: Menko Ekon Targetkan Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,3- 5,9 Persen di Tahun 2023

Halaman:

Editor: Bojes Seran

Sumber: Setkab.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah