Keluarga Besar Taolin Gelar Ritual Adat Sai Fefa di Sonaf Io-Kufeu

- 25 Juli 2022, 14:31 WIB
Prosesi adat Sai Fefa
Prosesi adat Sai Fefa /Rob/Vox Timor

VOX TIMOR - Upacara Adat Sai Fefa merupakan ritual adat berasal dari Suku Dawan yang dapat di lakukan kapan saja untuk mempertahankan kebersamaan, kerukunan dan persatuan penuh kekeluargaan.

Ritual adat Sai Fefa merupakan upacara adat secara turun-menurun yang selalu dilaksanakan masyarakat adat Suku Dawan di Kabupaten Malaka.

Dalam ritual adat ini, Wandelinus Taolin (Mantan Anggota DPRD Malaka periode 2014-2019) dan Louise Lucky Taolin atau yang akrab disapa Kim Taolin (Wakil Bupati Malaka saat ini) kembali hadir dan berkumpul di tengah rumpun keluarga besar dua sonaf untuk melangsungkan upacara Sai Fefa di Sonaf Io Kufeu, Bani-Bani yang beralamat di Desa Tunabesi Kecamatan Io Kufeu, Sabtu 23 Juli 2022.

Baca Juga: Bupati Malaka Tampil Perdana Dalam Acara Klarifikasi Forum Pimred PRMN, Dari 22 Kabupaten di Provinsi NTT

Upacara adat tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kekompakan masyarakat adat Dawan di Sonaf Io Kufeu, Sonaf Tesa dan Sonaf Kusa untuk merukunkan dua warga masyarakat adat atas perbedaan yang terjadi di masa lalu. Warga masyarakat adat dua Sonaf tersebut terus mempertahankan kekompakan dan kerukunan melalui upacara Sai Fefa.

"Sai Fefa, upacara adat yang dilaksanakan turun-temurun. Kemarin, kita laksanakan Sai Fefa di Sonaf Io Kufeu," kata Fransiskus Xaverius Taolin, S.Fil, Matamusan dari Mendiang Pah Amanas Tuan Taolin Ludovikus (almarhum) sebagaimana dilansir Forumjurnalis.

Baca Juga: Bupati Malaka Klarifikasi Bersama Forum Pimred PRMN Bertajuk Berantas Korupsi Dari Desa

Fransiskus Xaverius Taolin yang karib disapa Ans Taolin ini menjelaskan upacara Sai Fefa dilaksanakan kapan saja sesuai kebutuhan. Tujuannya, kata Ans, untuk mempertahankan kebersamaan, kerukunan dan persatuan penuh kekeluargaan.

"Kita mohon restu dan campur tangan leluhur dan alam semesta agar terus mendampingi perjalanan hidup dan kerukunan warga dua sonaf, sehingga tidak terjadi perbedaan atas pengalaman masa lalu dan masa kini. Dan persembahan terbaik kepada Yang Maha Kuasa," jelas Ans Taolin yang juga saat ini sebagai anggota DPRD Malaka Fraksi Gerindra.

Halaman:

Editor: Frederico Da Costa


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah