Presentase Cakupan Sanitasi Layak di Manggarai Timur Naik 33,5 Persen dari Tahun Sebelumnya

- 4 November 2022, 21:40 WIB
Salah satu hasil dari pembangunan proyek air minum bersih yang di bangun pemerintah Kabupaten Manggarai Timur yang berada di Desa Rana Masak,Kecamatan Borong,Kabupaten Manggarai Timur
Salah satu hasil dari pembangunan proyek air minum bersih yang di bangun pemerintah Kabupaten Manggarai Timur yang berada di Desa Rana Masak,Kecamatan Borong,Kabupaten Manggarai Timur /Bojes seran/



VOX TIMOR-Untuk terhindar dari penyakit seperti diare,kolera,disentri,tipes cacingan, penyakit kulit dan untuk menurunkan angka stunting, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur melalui Dinas Pekerjaan Umum membangun proyek air minum bersih di beberapa Desa yang mengalami krisis air minum bersih.

Bupati Manggarai Timur,Agas Andreas menegaskan wajib bagi seluruh anggota keluarga dalam menggunakan air bersih setiap hari dan menjaga kualitas air tetap bersih di lingkungannya.

Dikatakannya, persentase ketersediaan air minum.Pemenuhan kebutuhan air minum dilaksanakan melalui penyediaan SPAM Kawasan Perkotaan dan SPAM Kawasan Pedesaan. 

Bupati Agas juga menjelaskan, persentase cakupan ketersediaan air minum sampai dengan tahun 2021 adalah 30,51 persen, artinya dari jumlah total 64.117 rumah tangga di Kabupaten Manggarai Timur, sebanyak 19.560 rumah tangga telah memiliki akses sambungan rumah air minum. Jumlah tersebut meningkat dari 17.037 rumah tangga pada tahun 2019.

Terkait persentase sanitasi layak, kata Bupati Agas, pemenuhan kebutuhan sanitasi layak dilakukan melalui pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah. 

Sampai pada tahun 2021, jelas Bupati Agas, persentase cakupan sanitasi layak di Manggarai Timur mencapai 33,15 persen, atau dari jumlah total 64.117 rumah tangga di Kabupaten Manggarai Timur terdapat 21.257 rumah tangga bersanitasi layak. Jumlah tersebut meningkat dari 31,75 persen pada tahun 2020. ***

Editor: Bojes Seran


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah