Prakiraan Cuaca NTT 18-20 Maret 2022, Waspada Hujan Sedang-Lebat Petir dan Angin Kencang

- 18 Maret 2022, 13:06 WIB
Ilustarsi  Prakiraan Cuaca Kota Cirebon Hari Ini Senin, 14 Maret 2022: Waspada Berpotensi Hujan Petir Pada Jam Ini
Ilustarsi Prakiraan Cuaca Kota Cirebon Hari Ini Senin, 14 Maret 2022: Waspada Berpotensi Hujan Petir Pada Jam Ini /Ahmed Mulla/Pexels

Vox Timor - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memprakirakan cuaca di wilayah Nusa Tenggara Timur pada 18-20 Maret 2022.

Kepala stasiun meteorologi Kupang, Agung Sudiono Abadi, S.Si dalam releaesenya yang diterima media ini, 18 Maret 2022 menjelaskan, saat ini terpantau adanya suspect area atau potensi bibit siklon yang tumbuh di selatar Laut Timor, Nusa Tenggara Tumur dan di dukung suhu muka laut yang hangat diserta dengan kondisi kelembapan udara yang cukup basah hingga lapisan 500mb. 

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan ( konvektif ) yang menyebabkan potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat. 

Baca Juga: BMKG Minta Warga Kabupaten Sikka Waspada Peningkatan Permukaan Laut

Waspada potensi dampak seperti banjir bandang banjir pesisir, tanah longsor dan banjir bandang terutama di daerah yang rentan dan potensi cuaca ekstrem di masa peralihan musim seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat, puting beliung dan hujan es. 

Baca Juga: Peringatan Dini Gelombang Tinggi Jumat, 18 Maret 2022, BMKG: 4 Perairan Capai 4-6 Meter

Wilayah yang berpotensi hujan ringan hingga lebat disertai Petir dan angin kencang berdurasi singkat pada 18 Maret 2022 adalah Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai timur Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur, Alor Belu, Malaka, TTU, TTS, Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Rote, Sabu, Sumba Barat, Sumba Barat Daya Sumba Timur dan Sumba Tengah. 

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG Jumat 18 Maret 2022: Waspada Cuaca Ekstrem di 33 Wilayah Indonesia

Sementara wilayah yang berpotensi hujan ringan hingga lebat disertai Petir dan angin kencang berdurasi singkat pada 19 Maret 2022 adalah Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Alor, Belu, Malaka, TTU, TTS, Kab.Kupang, Kota Kupang, Sumba Barat, Sumba Barat Daya Sumba Timur dan Sumba Tengah. 

Halaman:

Editor: Emanuel Dile Bataona

Sumber: BMKG


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah