SMAN 1 Ruteng Anam Laksanakan Ujian Berbasis Android

- 14 Maret 2023, 11:09 WIB
Siswa SMAN 1 Ruteng Anam yang melaksanakan ujian berbasis android
Siswa SMAN 1 Ruteng Anam yang melaksanakan ujian berbasis android /Foto ist/

VOX TIMOR-SMA Negeri 1 Ruteng Anam melaksanakan ujian tengah semester berbasis Android.

Kepala Sekolah SMAN 1 Ruteng Anam, Emanuel A. Wagur, S.Pd  menjelaskan penerapan ujian berbasis Android tersebut dilaksanakan sejak awal tahun ajaran 2023.

"Kami melaksanakan ujian berbasis Android ini sejak awal tahun ajaran baru, yaitu tahun ajaran 2023," jelas kepsek saat diwawancarai di ruangan kerjanya, Selasa 14 Maret 2023.

Menurut Bapak Emanuel, pelaksanaan ujian berbasis Android adalah peluang untuk siswa dalam memanfaatkan teknologi sejak dini, serta membiasakan siswa agar tidak mengalami kesulitan di bangku perguruan tinggi nantinya .

"Kami coba memanfaatkan peluang ini, agar siswa terbiasa untuk menggunakan dan memanfaatkan teknologi digital di era sekarang, serta menjadi bekal mereka nantinya di bangku perguruan tinggi," terang kepsek.

Keunggulan dari penerapan ujian berbasis Android ini, yakni memudahkan siswa dan guru dalam pelaksanaan ujian.

"Siswa tak perlu lagi repot-repot menyiapkan alat tulis seperti pensil 2b, penggaris dan penghapus. Cukup dengan mengklik salah satu jawaban yang benar. Dan apabila masih bingung bisa dilewatkan saja, kemudian dikerjakan kembali. Siswa juga dapat melihat hasil ujiannya di aplikasi yang mereka gunakan. Sedangkan untuk gurunya tidak perlu memeriksa pekerjaan siswa, karena semua nilai secara otomatis akan masuk ke sistemnya," jelas kepsek.

Lanjutnya, selain memudahkan siswa dan guru dalam penerapan ujian berbasis Android ini, juga akan mengurangi sampah kertas di kelas maupun lingkungan sekolah sendiri.

Adapun kendala yang terjadi pada saat ujian berlangsung ialah kurang stabilnya jaringan. Namun, menurut kepala sekolah hal ini dapat diatasi oleh guru pengawas ujian.

Halaman:

Editor: Alfando Satrio


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah