Melki Laka Lena Sebut Kemenkes RI Alokasikan Anggaran Pengadaan 300 ribu Antropometri

- 16 Desember 2022, 11:14 WIB
Ilustrasi Anggota DPR RI Melki Laka Lena
Ilustrasi Anggota DPR RI Melki Laka Lena /

VOX TIMOR - Wakil Ketua Komisi IX DPR-RI Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan Kementerian Kesehatan RI telah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan sebanyak 300 ribu alat antropometri guna memudahkan petugas kesehatan dalam pengukuran berat dan tinggi badan bayi.

"Kementerian Kesehatan RI telah mengalokasikan anggaran yang sangat besar untuk pengadaan sebanyak 300 ribu antropometri yang digunakan petugas kesehatan dalam pelayanan kesehatan di posyandu di seluruh Indonesia pada 2023," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR-RI Emanuel Melkiades Laka Lena saat dihubungi di Kupang, Kamis 15 Desember 2022 kemarin.

Baca Juga: Kadis PMD Mabar, ajak warga awasi penggunaan dana desa

Dia menjelaskan peralatan antropometri sangat penting digunakan para petugas kesehatan dalam kegiatan pelayanan posyandu untuk mengukur berat badan, tinggi badan dan panjang badan bayi saat kegiatan posyandu berlangsung.

Menurut dia Kementerian Kesehatan RI telah melakukan pengadaan 300 ribu antropometri untuk dibagikan ke semua posyandu di semua daerah di Indonesia secara gratis.

"Ada sekitar 300 ribu posyandu di seluruh Indonesia yang menjadi sasaran penerima bantuan antropometri dari pemerintah pusat pada 2023," kata Emanuel Melkiades Laka Lena.

Baca Juga: Kemenko PMK Imam Pasli : Sangat penting dalam membangun budaya sadar risiko

Emanuel Melkiades Laka Lena menambahkan posyandu-posyandu yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur juga dipastikan menerima bantuan antropometri yang dibutuhkan dalam penanganan anak-anak balita yang mengalami kekerdilan.

"Alat ini sangat dibutuhkan di NTT yang masih memiliki kasus-kasus kekerdilan yang sangat tinggi, karena pasti membutuhkan antropometri dalam penanganan kekerdilan," kata Emanuel Melkiades Laka Lena.

Halaman:

Editor: Bojes Seran

Sumber: ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah