Putaran Kedua Pemilihan Presiden Timor Leste, Ramos-Horta Dipastikan Menang

- 19 April 2022, 16:25 WIB
Kandidat presiden Timor Leste Jose Ramos Horta (kiri) dan Francisco Guterres (kanan) menunjukkan jarinya yang bertinta, setelah memberikan suaranya dalam pemilihan presiden Timor Leste di Dili, Sabtu (19/3/2022).
Kandidat presiden Timor Leste Jose Ramos Horta (kiri) dan Francisco Guterres (kanan) menunjukkan jarinya yang bertinta, setelah memberikan suaranya dalam pemilihan presiden Timor Leste di Dili, Sabtu (19/3/2022). /Foto: REUTERS//

VOX TIMOR - Presiden petahana Francisco "Lu Olo" Guterres bersaing dengan pemenang Nobel, Jose Ramos Horta, dalam putaran kedua Pemilihan Presiden Timor Leste yang digelar hari ini, Selasa 19 April 2022.

Ramos-Horta meraih 46,5 persen suara pada putaran pertama bulan lalu.

Sedangkan Guterres hanya mampu mengumpulkan 22,1 persen dalam pemungutan suara yang secara luas dipandang sebagai kunci stabilitas politik negara.

Baca Juga: Beragama Katolik Tapi Kerja di Toko Hijab Begini Pengalaman Komika Priska Baru Segu

 

Jose Ramos-Horta, masih terdepan dalam jajak pendapat. Pemungutan suara pada putaran kedua dan terakhir pemilihan presiden Timor Leste dimulai Selasa, 19 April 2022 pagi.

“Harapan saya, calon presiden yang terpilih dan yang kalah bisa saling berjabat tangan dan saling menasihati untuk menjaga stabilitas dan tidak menimbulkan krisis,” kata mahasiswa berusia 27 tahun, Lizia Bachita de Araujo.

Baca Juga: Manchester United hingga Real Madrid Ucapkan Belasungkawa usai Putra Cristiano Ronaldo Meninggal

"Saya ingin presiden bisa bekerja sama dengan pemerintah untuk menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan," kata warga dan ibu rumah tangga Dili, Pascoela da Silve Pereira.

"Sulit bagi orang untuk menafkahi rumah tangga mereka."

Baca Juga: Hasil Liga Italia: 10 Pemain AS Roma Imbangi Napoli 1-1

Setelah memberikan suara di Metiaut, pinggiran Dili, Ramos-Horta mengatakan dia "sangat yakin" dia akan menang, tetapi akan menerima hasil apa pun.

Lu Olo, seorang mantan pejuang gerilya berusia 67 tahun juga menegaskan komitmennya untuk menerima hasil, dengan mengatakan: "Ini adalah demokrasi dan saya selalu mengatakan (menang atau kalah) itu harus bermartabat."

Baca Juga: Hasil Barcelona vs Cadiz di Liga Spanyol 2021-2022: Barcelona Kalah 0-1 di Estadio Camp Nou!

Hasil penghitungan suara awal diharapkan akan tersedia pada Selasa malam.

Presiden berikutnya akan dilantik pada 20 Mei, pada peringatan dua puluh tahun kemerdekaan Timor Timur.

Baca Juga: Wabup Agus Payong Boli, Pemimpin yang Selalu Menyapa Umat di Hari Raya Keagamaan

Negara setengah pulau berpenduduk 1,3 juta jiwa itu dalam beberapa tahun terakhir bergulat dengan ketidakstabilan politik dan kebutuhan untuk mendiversifikasi ekonominya dari pendapatan minyak dan gas.

Perpecahan politik telah menggarisbawahi pemilihan ini, dengan Ramos-Horta, 72, mengisyaratkan bahwa ia dapat menggunakan kekuasaan presiden untuk membubarkan parlemen dan menyerukan pemilihan parlemen dini jika ia menang.

Halaman:

Editor: Oktavianus Seldy Berek

Sumber: berbagai sumber


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah