Gempa M 7,3 di Jepang Picu Peringatan Tsunami, KBRI Tokyo: Tidak Ada WNI Jadi gempa

- 17 Maret 2022, 11:24 WIB
Gempa Jepang 7.3 SR berpusat di Fukushima padamkan listrik 2 juta rumah warga
Gempa Jepang 7.3 SR berpusat di Fukushima padamkan listrik 2 juta rumah warga /Instagram.com/@hochipochi25

Vox Timor - Gempa berkekuatan magnitudo 7,3 mengguncang perairan timur laut Jepang pada Rabu malam dan mengakibatkan listrik padam dan gelombang tsunami.

Seperti dikutip Vox Timor dari ANTARA, Badan Meteorologi Jepang (JMA) menjelaskan titik gempa berpusat di kedalaman 60 kilometer di bawah permukaan laut dengan jarak 57 kilometer dari pantai.

Lokasi itu merupakan daerah yang pernah dihantam gempa bermagnitudo 9 pada 11 tahun lalu yang mengakibatkan kerusakan pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima.

Baca Juga: Update: Jepang Gempa Besar 7,4 SR, Begini Keadaan WNI di Miyagi dan Fukushima, Ada yang Jadi Korban Gempa?

Gempa pada Rabu 16 Maret 2022 berada pada 6 dalam skala intensitas guncangan di beberapa daerah--terlalu kuat bagi orang untuk tetap dapat berdiri--dan menggetarkan sejumlah bangunan di ibu kota Tokyo.

JMA juga menerbitkan peringatan tsunami setinggi 1 meter. Sementara media penyiaran Jepang, NHK, melaporkan gelombang tsunami setinggi 20 sentimeter terjadi di beberapa tempat.

Baca Juga: Minyak Goreng Tembus Rp50 Ribu per 2 Liter, Puan: Rakyat Berat, Ibu-ibu Menjerit

Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan pemerintah Jepang tengah menghitung kerusakan akibat gempa yang mengguncang sebagian besar kawasan di negara itu.

Perusahaan Listrik Tokyo (Tepco) mengatakan sekitar dua juta rumah tangga tidak mendapatkan aliran listrik, termasuk 700 ribu warga Tokyo.

Halaman:

Editor: Emanuel Dile Bataona

Sumber: ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah