Satgas Investasi Minta Masyarakat Waspadai Iming-iming Pinjaman Online

- 21 Februari 2022, 08:10 WIB
Langkah (OJK) bersama Kepolisian RI dan Kominfo dalam menindak pinjaman online ilegal/ rentenir online.
Langkah (OJK) bersama Kepolisian RI dan Kominfo dalam menindak pinjaman online ilegal/ rentenir online. /Unsplash.com/Giorgio Trovato

Vox Timor - Satuan Tugas Waspada Investasi (Satgas SWI) meminta masyarakat untuk mewaspadai penawaran binary option dan broker ilegal yang tidak terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan yang dilakukan oleh afiliator ataupun influencer yang berpotensi merugikan masyarakat.

“Kegiatan perdagangan online yang dilakukan binary option itu ilegal karena bersifat judi, tidak ada barang yang diperdagangkan”, kata Ketua SWI Tongam L. Tobing, dikutip Vox Timor dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sabtu 19 Februari 2022.

Baca Juga: Berusia 95 Tahun, Ratu Elizabeth II Dikabarkan Terinveksi Virus Covid-19

"Sifatnya hanya untung-untungan. Menang atau kalah dalam menebak harga suatu komoditi dan naik atau turunnya dalam periode tertentu, yang bisa merugikan masyarakat, kata Ketua SWI Tongam L. Tobing.

Dijelaskan, SWI dalam tugasnya melindungi masyarakat kembali menemukan dan menutup 50 entitas pinjaman online ilegal yang beredar melalui aplikasi di telepon genggam dan di website yang dapat merugikan masyarakat.

Baca Juga: Update 20 Februari 2022: Kasus Covid-19 Menurun Signifikan, Pemerintah Imbau Disiplin Prokes dan Vaksinasi

“Sejalan dengan penegakan hukum yang dilakukan Kepolisian dengan menangkap pelaku pinjol ilegal, kami terus melakukan pencegahan melalui patrol siber dan menutup entitas pinjol ilegal yang kembali kami temukan,” kata Tongam.

Menurut Ketua SWI, pemberantasan pinjol ilegal memerlukan kerja sama dari seluruh pihak, terutama masyarakat agar jangan mengakses pinjol ilegal yang bisa merugikan. Masyarakat yang membutuhkan dana untuk keperluan produktif diminta meminjam pada fintech lending yang berizin di OJK.

Baca Juga: Polres Manggarai Barat Tetapkan Mantan Kades Welak dan Bendaharanya Sebagai Tersangka

Halaman:

Editor: Bojes Seran

Sumber: ojk.go.id


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah