Wakil Bupati Manggarai : Tersedianya Pangan Aman Memerlukan Kerja Kolaboratif

- 8 Desember 2022, 21:47 WIB
Membuka secara resmi kegiatan
Membuka secara resmi kegiatan /

VOX TIMOR- Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, S.H. membuka secara resmi kegiatan "Monitoring dan Evaluasi Program Nasional Desa Pangan Aman, Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas, dan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah" di Wisma Efata-St Aloysius Ruteng, Kamis 8 Desember 2022.

Kegiatan yang dihadiri utusan kecamatan, desa, sekolah, serta Kader Keamanan Pangan Desa tersebut diselenggarakan oleh Balai  Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kupang, dalam rangkaian kegiatan intervensi Germas Sapa: Gerakan Masyarakat Sadar Pangan Aman.

Dalam sambutannya, Wabup Heri Ngabut mengapresiasi BPOM Kupang yang selama waktu terakhir melakukan intervensi ke desa, pasar, dan sekolah untuk memastikan ketersediaan Pangan dan Jajanan Aman untuk terwujudnya masyarakat yang sehat.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kerangka pikir pemerintah yakni melindungi masyarakat, memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Ketersediaan pangan aman merupakan salah satu instrumen penting dalam kerangka tersebut," tutur Wabup Manggarai.

Heri Ngabut juga berharap agar kerja sama antara BPOM, Dinkes, Pemerintahan Kecamatan dan Desa, serta sekolah-sekolah untuk agenda ini tetap terjalin di waktu-waktu yang akan datang.

"Mari kita bekerja sama sesuai talenta, sinergis, dan kolaboratif. Lakukan edukasi agar perilaku konsumen (masyarakat) kita semakin baik di waktu-waktu yang akan datang. Pangan yang aman ini berhubungan dengan meningkatnya harapan hidup masyarakat Manggarai," pungkasnya.

Acara yang juga dihadiri oleh Kepala BPOM Kupang, Tamran Ismail, S.Si,MP itu diisi dengan penyerahan Sertifikat Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas kepada Pasar Impres Ruteng ( diterima oleh pihak Disperindag Manggarai) serta penyerahan plakat Desa Pangan Aman kepada dua desa yang telah diintervensi BPOM Kupang, yakni Desa Bulan Kecamatan Ruteng dan Desa Iteng Kecamatan Satar Mese.Kedua desa tersebut juga menyerahkan Rencana Aksi Pangan Aman yang akan mereka kerjakan pada tahun 2023 mendatang.

Sertifikat juga diserahkan kepada beberapa sekolah yang telah diintervensi, yakni SDI Bung, SDN Anam, SDI Iteng I, SDI Iteng II, SMPN I Satar Mese, MTs Amanah Ruteng, MAN Langke Rembong, SDK Ruteng IV, SMP Immaculata Ruteng, dan SMAN 2 Langke Rembong.

Halaman:

Editor: Alfando satrio

Sumber: Prokopim Kabupaten Manggarai


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah